Bintang

Sudah tidak dapat disangkal lagi bahwa ilmu astronomi tidak jauh dari objek bernama bintang. Pada siang yang cerah, kita dapat melihat bintang induk planet Bumi, Matahari. Pada malam yang cerah pula kita dapat melihat puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan bintang di langit. Pada course ini akan didapatkan pengetahuan tentang bintang-bintang tersebut.

Vito Ghifari ·6 Juni 2020

Cobalah kamu tatap langit malam. Langit akan terlihat dipenuhi bintang-bintang indah nan cantik, bukan? (Well, seenggaknya kalau nggak ada polusi)

Seperti judul yang tertera, course ini akan membahas tentang perbintangan, dan kita tidak akan meramal menggunakan bintang ya.

Oke. Cukup. Sebenarnya, pada course ini juga diajarkan meramal, tetapi ramalannya lebih high class. Salah satu materi di sini adalah tentang evolusi bintang yang secara tidak langsung memprediksi masa lalu dan masa depan sebuah bintang, serta nasib pada akhir hayatnya. Massa bintang yang berbeda akan memberikan ending yang berbeda pula. Sayangnya, tidak ada bintang yang berakhir dengan good ending menurut penulis. Ramalan ini (pada konteks ini lebih baik disebut dugaan/prediksi) disertai dengan bukti-bukti yang ilmiah, bukan sekadar tebak-menebak saja.

Pada course ini akan disajikan materi:

  1. Spektrum bintang, yaitu klasifikasi spektrum bintang dan diagram HR;
  2. Struktur bintang, ialah hal-hal yang terjadi di dalam bintang seperti kesetimbangan dan pembangkitan energi;
  3. Evolusi bintang, mempelajari tentang kehidupan bintang mulai dari awal hingga akhir;
  4. Dan bintang variabel;

Itulah kumpulan materi yang akan dibahas pada course Bintang I. Selamat berkembang!

Tentang Instruktur

Vito Ghifari

Vito Ghifari, biasa dipanggil Vito, adalah peraih medali emas pada OSN Astronomi 2018, honorable mention IOAA 2019, dan medali perunggu pada 1st GeCAA (Global e-Competition on Astronomy and Astrophysics). Bukan hanya meraih prestasi, Vito juga mengajar olimpiade astronomi di sekolahnya serta sebagai anggota dari Forum Pelajar Astronomi. Saat ini, Vito adalah mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung (STEI ITB).

3 Modul

+9 terdaftar
Tidak terdaftar
Rp40.000,-

Modul ini berisi:

  • 9 Materi
  • 17 Topik
  • 10 Kuis
error: Gabisa disalin, hehe