Galaksi dan Ekstragalaksi

Modul ini membahas semua hal yang perlu kalian ketahui tentang galaksi, baik galaksi kita sendiri maupun galaksi-galaksi lain di luar sana. Pada olimpiade astronomi, terutama di tingkat provinsi ke atas, galaksi dan ekstragalaksi cukup sering diangkat menjadi topik soal. Karena itu, jangan sampai skip langganan modul ini ya! :)

Razita Afrina ·12 Juni 2020

Galaksi.

Ketika mendengar kata itu, apa yang ada di dalam bayanganmu? Mungkin awan-awan luar angkasa yang dengan kombinasi warna yang aesthetic, atau malah telepon pintar?

Atau mungkin… sistem yang terdiri atas bintang-bintang, materi antarbintang, dan materi gelap yang seluruhnya terikat oleh gravitasi?

Kalau itu yang ada di dalam bayanganmu, selamat! Kamu baru saja membayangkan definisi dari kata “galaksi”.

Banyak sekali hal yang dapat kita pelajari dari galaksi-galaksi di alam semesta ini. Kita dapat mengelompokkan galaksi-galaksi tersebut berdasarkan sistem klasifikasi yang sudah ada. Kita juga dapat mempelajari komponen apa saja yang terdapat dalam sebuah galaksi, dan karakteristik dari komponen-komponen tersebut.Selain itu, kita juga bisa mempelajari apa yang terjadi di awal alam semesta melalui pengamatan terhadap galaksi-galaksi jauh yang terlihat muda dan aktif. Ketika mengamati bintang-bintang di langit malam, kita juga dapat menganalisis pergerakan bintang-bintang tersebut untuk mempelajari pergerakan dari galaksi kita sendiri. Dan tentu saja, kita juga dapat mempelajari galaksi sebagai bagian dari sistem lain yang lebih besar. Untuk melakukan itu semua, terdapat materi mengenai “alat” dan metode yang umum digunakan dalam penelitian galaksi di astronomi, yaitu pelensaan gravitasi dan tangga jarak astronomi.

Galaksi dan ekstragalaksi merupakan salah satu topik yang sering muncul pada olimpiade astronomi, terutama dari tingkat provinsi hingga internasional. Karena itu, ayo berlangganan sekarang dan mulai berkenalan dengan galaksi-galaksi penyusun alam semesta ini!

Tentang Instruktur

Razita Afrina

Razita merupakan peserta tingkat nasional OSN Astronomi 2017, medalis perak OSN Astronomi 2018, dan salah satu perwakilan Indonesia di IOAA 2019. Saat ini, Razita sedang berkuliah di jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia sambil tetap berkecimpung dalam dunia olimpiade astronomi dengan cara berbagi ilmu di berbagai platform, dengan Edufia sebagai salah satunya.

4 Modul

+8 terdaftar
Tidak terdaftar
Rp45.000,-

Modul ini berisi:

  • 10 Materi
  • 10 Topik
  • 9 Kuis

Tanggapan

error: Gabisa disalin, hehe