Kosmologi

Modul ini berisi pembahasan lengkap mengenai alam semesta secara fisis. Kosmologi, yang mempelajari alam semesta secara keseluruhan, merupakan salah satu  topik yang cukup sering ditemukan pada soal olimpiade astronomi, terutama pada tingkat provinsi ke atas. Karena itu, segera mulai berlangganan modul ini agar siap menjadi juara olimpiade astronomi :D

Razita Afrina ·17 Juli 2020

Sebagai ilmu yang mempelajari alam semesta, kosmologi membahas perkembangan alam semesta ini dari awal kelahirannya hingga masa-masa terakhirnya nanti. Kosmologi memiliki sedikit perbedaan dengan astronomi, karena tidak seperti astronomi yang mempelajari benda-benda langit secara individual, kosmologi mempelajari alam semesta secara utuh. Akan tetapi, karena sebagian besar dari alam semesta ini terletak di luar angkasa dan dapat diamati di langit, perkembangan kosmologi tidak lepas dari pengamatan astronomi.

Bagaimana pengamatan-pengamatan tersebut dapat membantu kita dalam menarik kesimpulan mengenai keadaan alam semesta ini? Bagaimana objek-objek astronomis yang tersebar di seluruh bagian alam semesta ini membawa informasi mengenai evolusi alam semesta ini, dari awal hingga saat ini? Apa yang terjadi saat alam semesta lahir, bagaimana perkembangannya hingga sekarang, dan apa yang akan terjadi saat alam semesta berakhir nanti? Apa saja yang ada di dalam alam semesta ini, dan apa pengaruh mereka terhadap perkembangan alam semesta ini? Bagaimana jika alam semesta ini diisi oleh komponen lain yang tidak kita ketahui sebelumnya?

Sebagai calon juara olimpiade astronomi, kamu pasti penasaran dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, dan ingin mencari jawaban dari semuanya agar bisa mengerjakan soal-soal kosmologi dengan mudah, kan?

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Silakan mulai berlangganan untuk melihat sekilas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tentang Instruktur

Razita Afrina

Razita merupakan peserta tingkat nasional OSN Astronomi 2017, medalis perak OSN Astronomi 2018, dan salah satu perwakilan Indonesia di IOAA 2019. Saat ini, Razita sedang berkuliah di jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia sambil tetap berkecimpung dalam dunia olimpiade astronomi dengan cara berbagi ilmu di berbagai platform, dengan Edufia sebagai salah satunya.

4 Modul

+8 terdaftar
Tidak terdaftar
Rp45.000,-

Modul ini berisi:

  • 9 Materi
  • 20 Topik
  • 8 Kuis
error: Gabisa disalin, hehe