Matahari & Fenomena Astronomi

Fenomena astronomi & Matahari lekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan, fenomena astronomi dapat kita lihat hanya dengan keluar rumah. Matahari dan Bulan contohnya. Di sini, akan dibahas beberapa fenomena yang 'wajib' diketahui.

Vito Ghifari ·29 Mei 2020

Prasyarat: Memahami koordinat ekuatorial.

Course ini membahas, seperti namanya, Matahari dan fenomena astronomi. Mari kita bahas sedikit untuk pengertian dari fenomena.

Menurut KBBI, fenomena adalah hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra dan dapat diterangkan serta dinilai secara ilmiah. Oleh karena itu, fenomena astronomi dapat dikatakan sebagai hal di langit yang dapat kita lihat berupa bintang, Bulan, Matahari, dan objek kasat mata lainnya. Tetapi, fenomena yang akan dibahas di sini merupakan fenomena astronomi yang sudah jelas sekiranya dibahas. Salah satu contohnya adalah gerhana matahari.

Gerhana Matahari Total Tahun 2017.
Sumber: NASA/David Cantillo

Matahari dan gerhana matahari pun akan dijelaskan di materi yang terpisah. Jika materi Matahari membicarakan struktur dan sebagainya, materi gerhana matahari menjelaskan tentang proses dan klasifikasi gerhananya.

Selanjutnya, apa yang akan kamu dapat dari course ini? Pada course ini, akan dibahas:

  • Gerak semu tahunan matahari dan hubungannya dengan equinox, solstice, dan musim-musim;
  • Klasifikasi gerhana dan siklusnya;
  • Seputar aurora;
  • Hal yang perlu diketahui tentang meteor shower;
  • dan Matahari.

Demikianlah sedikit pengenalan tentang course fenomena astronomi, selamat berkembang!

Tentang Instruktur

Vito Ghifari

Vito Ghifari, biasa dipanggil Vito, adalah peraih medali emas pada OSN Astronomi 2018, honorable mention IOAA 2019, dan medali perunggu pada 1st GeCAA (Global e-Competition on Astronomy and Astrophysics). Bukan hanya meraih prestasi, Vito juga mengajar olimpiade astronomi di sekolahnya serta sebagai anggota dari Forum Pelajar Astronomi. Saat ini, Vito adalah mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung (STEI ITB).

3 Modul

+7 terdaftar
Tidak terdaftar
Rp35.000,-

Modul ini berisi:

  • 5 Materi
  • 6 Topik
  • 5 Kuis
error: Gabisa disalin, hehe