Sistem Waktu dan Kalender

Modul ini akan membahas berbagai macam sistem waktu dan penanggalan dari sudut pandang astronomi. Sistem waktu dan kalender merupakan salah satu materi yang cukup sering keluar pada olimpiade astronomi, terutama di tingkat kabupaten/kota. Selain itu, sistem waktu dan kalender merupakan salah satu penerapan astronomi yang paling dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Karena itu, ayo langganan sekarang untuk belajar lebih jauh tentang sistem waktu dan kalender!

Razita Afrina ·4 Juni 2020

Waktu merupakan salah satu besaran terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Kamu pasti tidak asing dengan pertanyaan seperti “pukul berapa sekarang?”, “tanggal berapa ini?”, “deadline tugas ini tanggal berapa?”, “jam berapa kita bisa pulang?”, dan macam-macam pertanyaan lain yang berkaitan dengan waktu.

Banyak hal yang menjadi tidak pasti seiring dengan berjalannya waktu, seperti kelangsungan hubungan kamu dan dia. Namun, benda-benda langit akan tetap beredar dalam lintasannya, terbit dan terbenam sesuai waktunya masing-masing. Karena itu, manusia sudah lama menggunakan pergerakan benda-benda langit untuk mengukur dan menentukan waktu. Bagaimana cara manusia menjadikan pergerakan benda langit sebagai dasar dari sistem waktu? Bagaimana pergerakan langit dapat menentukan panjang dari satu hari, satu bulan, dan bahkan satu tahun?

Supaya kalian siap menjadi juara olimpiade astronomi, tentu saja kalian harus memahami cara memanfaatkan benda langit sebagai pengukur dan penentu waktu. Pada olimpiade astronomi, terutama di tingkat kabupaten/kota, cukup banyak soal yang mengangkat topik ini. Karena itu, jangan sampai lupa berlangganan modul ini ya!

Catatan: sebelum memulai kelas ini, disarankan untuk memiliki pengetahuan dasar mengenai astronomi bola.

Tentang Instruktur

Razita Afrina

Razita merupakan peserta tingkat nasional OSN Astronomi 2017, medalis perak OSN Astronomi 2018, dan salah satu perwakilan Indonesia di IOAA 2019. Saat ini, Razita sedang berkuliah di jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia sambil tetap berkecimpung dalam dunia olimpiade astronomi dengan cara berbagi ilmu di berbagai platform, dengan Edufia sebagai salah satunya.

4 Modul

+7 terdaftar
Tidak terdaftar
Rp35.000,-

Modul ini berisi:

  • 6 Materi
  • 5 Topik
  • 6 Kuis
error: Gabisa disalin, hehe